Tips pemula mengoleksi model diecast

    0
    4
    views
    Tips pemula mengoleksi model diecast, hobi diecast indonesia, tips hobi dieacast, tips mengoleksi diecast, Bagaimana memulai Hobi Diecast?, Display Diecast, Menjaga model diecast, macam-macam dieacast, tutorial hobi diecast newbie, pemula diecast, tips mengoleksi model diecast
    Model mobil-mobilan atau dikenal dengan diecast bukan hanya sekedar mainan, secara akurat model mobil-mobilan ini menunjukan sistem mekanik dan sejarah pembuatan kendaran ini. Dikarenakan model diecast terbuat dari bahan logam, sehingga pada model diecast ini lebih cenderung menunjukan tingkatan kedetailan yang lebih tinggi dibandingkan pada model yang terbuat dari plastik. Selain itu karena terbuat dari logam maka model ini terasa lebih awet dan kokoh. Hal inilah yang menjadi alasan para kolektor untuk menekuni hobby Model Diecast. Kira-kira hal apa sajakah yang wajib kita ketahui kalau kita ingin menekuni hobby ini ya? Admin akan memberikan sedikit bahasan tentang beberapa hal yang wajib kalian ketahui jika kalian ingin menekuni hobby diecast ini.

     

    Bagaimana memulai Hobi Diecast?

    Sebagai calon kolektor, penting sekali ketika kalian sudah mengkondisikan kira-kira koleksi yang ingin kalian kumpulkan itu seperti apa nantinya. Sebetulnya tidak ada aturan khusus yang mengikat untuk para kolektor, hal yang paling mendasar adalah kecintaan kalian terhadap diecast yang ingin kalian koleksi. Apakah kalian nantinya ingin mengoleksi mobil antik, mobil balap, truck, kereta api ataupun bis dan tank. Punya konsep terhadap apa yang ingin kalian koleksi nantinya lebih mudah pada pemetaan terhadap koleksi kalian nantinya,

    Selain tipe kendaraan yang nantinya akan kalian koleksi, ada 3 faktor yang harus kalian perhatikan juga ketika akan menekuni hobi dieacast ini.

    Ukuran – Diecast memiliki berbagai macam ukuran atau bahasa gaulnya skala. Skala-skala ini juga bermacam-macam. Untuk skala populer bagi para peng-hobi adalah skala 1:12, skala 1:36 dan skala 1:43

    Diecast Cars Scale Model Size Chart - Image: Automotive-art
    Diecast Cars Scale Model Size Chart – Image: Automotive-art

    Merk/Brand – Merk atau Brand merupakan pilihan yang tidak dapat dipisahkan oleh para penghobi diecast. Aapakah kalian nantinya ingin mempunyai spesialisasi pada mainan diecast Takara Tommy, Matchbox atau Matter. mau lebih dalam lagi? kalian nanti lebih spesifikasi terhadap jenis diecast yang ingin kalian koleksi, seperti hanya mengoleksi kendaraan perang dunia I saja atau hanya mengumpulkan supercars saja.

    Periode –  Apakah kalian penggemar mobil klasik keluaran tahun 60an atau tahun 70an atau kalian malah pecinta supercars pada tahun-tahun milenial. Semuanya bisa kalian kategorikan pada tipe Periode.

     

    Wadah ataupun Display Diecast tercinta

    Entah kalian nantinya akan mengoleksi satu model diecast ataupun hingga sampai ratusan. Salah satu hal penting yang wajb kalian perhatikan adalah dimana dan bagaimana kalian nanti akan menyimpannya. Sebelum kalian Display atau pajang model diecast pertama kalian. Yuk ikuti beberapa poin penting yang nantinya bisa membantu hobi kalian ini.

    Tempat Pajang – Kalian bisa menggunakan lemari kaca ataupun tempat mika. Tempat pajang ini selayaknya sebuah showroom bagi pecinta otomotif. Kalian bisa memesannya pada tukang kaca ataupun hingga membeli online pada marketplace yang tersedia dinegara kita tercinta ini.

    Ornamen – Selain dimana kalian akan menempatkan diecast tercinta kalian nanti, kalian juga harus memperhatikan beberapa elemen pendukung untuk mempercantik tampilan model diecast kalian nantinya. Biasanya para penghobi akan melengkapinya dengan tampilan diorama yang akan menambah nilai artistik dieacast mereka.

    Diorama Diecast – image gaspol.com

    Didalam atau diluar kotak – inilebih pada pilihan pribadi, bisanya penghobi juga menyimpan beberapa diecastnya pada kotak biar aman. Terutama bapak-bapak biasanya ingin barang kesanyangannya terhindar dari sentuhan anak kecil.

    Menjaga model diecast

    Sebagai seorang penghobi tentunya harus me-maintance model diecast kalian nantinya. Jangan sampai model kesayangan nantinya rusak ataupun berdebu. Simpan model diecast kalian pada lingkungan yang aman, kering dan tentu saja berada pada suhu ruangan, hal ini diperlukan untuk menjaga kondisi cat pada diecast kalian nantinya.

    Bergabung ke dalam komunitas diecast

    Hal yang paling diperlukan jika kalian menerjuni hobi ini adalah konektivitas dengan para pecinta hobi yang sama. Hal ini bisa dilakukan dengan bergabung dengan komunitas diecast terdekat dikota kalian. Nah demikian sedikit informasi tentang Tips pemula mengoleksi model diecast, semoga bermanfaat guys!!!

    Previous article8 Game Tradisional Yang Perlu Kamu Tahu
    Penyuka game sejak dari TK hingga sekarang. Bekerja disebuah perusahaan game multinasional dan bekerja paruh waktu sebagai designer. Kecintaanya akan dunia games dan toys membuatnya mendirikan linkdenoir.com.
    SHARE

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here