Review Game Assassin Creed Origin PS4

0
62
views

Jujur penulis bukan fans game Assassin’s Creed series. Pertama kali tertarik ingin mencobanya ketika Ubisoft mengumumkan game assassin terbarunya yang diberi judul Assassin’s Creed Origin.  Setelah beberapa minggu berlalu, penulis mencoba melihat review dari beberapa web game terkemuka seperti IGN, gamesradar dan gamespot. Mereka bertiga mempunyai kesepakatan bahwa Assassin Creed Origin ini adalah sekuel game assassin terbaik yang dibuat  oleh Ubisoft, bukan hanya dari unsur grafis melainkan setiap unsur game ini mempunyai daya tarik tersendiri. Ditengah maraknya game multiplayer pada saat ini, Assassin’s Creed Origin notabene adalah senuah game single player telah berhasil menarik minat para gamers untuk kembali merasakan masa kejayaan game single player.

 

Alur Cerita:

Alur cerita game ini tertuju pada tokoh utama Bayek yang merupakan Medjay terakhir. Apa itu Medjay, medjay adalah seorang polisi elit yang bertugas menjaga keamanan Pharaoh dan rakyatnya. Bayek mempunyai dendam pribadi kepada Order of the Ancients. Sebuah organisasi rahasia yang mendompleng kekuasaan Pharaoh saat itu demi kepetingan pribadi mereka. Organisasi ini telah membunuh anak Bayek atas dalih pengorbanan terhadap dewa. Dari sinilah perjalanan Bayek sebagai The Last Medjay dimulai. Perjalanan balas dendam Bayek membuatnya menemukan rahasia-rahasia tersebunyi yang melibatkan keamanan Kekaisaran Mesir. Keinginan Raja  Ptolemy XIII memperlebar kekuasaanya menyebabkannya ditunggangi oleh kepentingan The Order of Ancient, pada titik inilah rakyat Mesir menjadi menderita. Cleopatra sebagai kakak kandung Ptolemy XIII mulai mengumpulkan para loyalis yang tidak setuju dengan cara Pharoah dan Order of The Ancients memerintah. Konflik ini yang mempertemukan Bayek dan Cleopatra, dengan kesamaan misi mereka bersatu untuk merebut kekuasaan.

Gameplay:

Dalam petualanganya Bayek ditemani oleh Senu, seekor elang yang setia bertugas “Mata” bagi Bayek. Konsep mata ini dalam game benar-benar menjadi mata karena senu mempunyai skill yang dinamakan Eagle Vision. Skill ini berfungsi untuk mendeteksi pergerakan musuh, scouting, mencari lokasi crafting , Melihat pergerakan musuh dan bangunan dari atas. Dengan mengupgrade skill Bayek, Senu dapat diperintah untuk ikut menyerang musuh dan melakukan stun. Untuk Area yang masih belum dijelahi, kalau didalam game, Petanya masih tertutup oleh fog/kabutSenu tidak bisa dikirim untuk membukanya, Player harus menjelajahi sendiri tiap peta yang belum terbuka. Ada dua territory pada Peta Assassin’s Creed Origin ini yaitu air/sungai dan daratan. Untuk daratan Bayek bisa lari atau menggunakan transportasi seperti kuda, unta maupun chariot sedangkan untuk air/sungai, bayek bisa berenang atau menggunakan sampan. Di darat ataupun di sungai, selalu ada musuh yang mengintai jadi berhati-hatilah. Setiap bahan-bahan untuk crafting bisa player temukan di darat ataupun dilaut. Jangan pernah takut untuk meng-explore lokasi-lokasi disini karena kalian akan menemukan hal yang menarik dari setiap petualangan kalian. Game ini juga menyediakan fitur Fast Travel  atau dalam game MMORPG disebut Portal Place. Player bisa menemukan titik Fast travel dalam Peta ACO dengan cara meng-explore dan sinkronisasi ditempat tersebut.

Sistem Petarungan:

Bayek mempunyai pohon skill yang megarah pada tiga keahlian. Ahli dalam petarungan jarak dekat, ahli memanah dan ahli menggunakan senjata rahasia seperti bom asap, racun, bom api dll. Bayek bisa menggunakan berbagai macam senjata yang bisa ditemukan di game ini. Senjata ini terbagi dalam 3 tingkatan yaitu, common, rare dan legendary. Semakin tinggi tingkatannya semakin tinggi pula damage dan attribut efek  yang ada pada setiap senjata itu. Bayek mempunyai masing-masing dua slot untuk senjata melee dan panah. Kalian bisa membukanya dengan mengupgrade pohon skill Bayek. Sistem petarungan pada game ini dibuat lebih dinamis, Hack and Slash dan kadang menggunakan panah atau senjata rahasia. Untuk Playstation4 kalian bisa menggunakan  tombol kotak untuk menghindari serangan musuh, tombol segitiga untuk eksekusi stealth mode, tombol R1 untuk light attack, tombol R2 untuk Heavy attack. Tombol R1 dan R2 dipencet bebarengan akan memunculkan spesial skill, setiap senjata berbeda2 specsal skill-nya. Gunakan L1 untuk menangkis dengan tameng. R3 untuk lock target dan L3 untuk memasukan racun pada tubuh musuh yang sudah mati. Gunakanlah keadaan sekelilingmu dengan semaksimal mungkin untuk membunuh targetmu. Seperti ketika Penulis sedan berburu buaya, penulis lebih suka berdiri pada batu yang tinggi dan memanah Buaya dari kejauhan, lebih aman dan efektif. 😀

Quest:

Kalian bakal menemukan banyak sekali Quest didalam game ini. Selain main Quest cerita Bayek, kalian juga bisa menemukan Side Quest, Daily Quest dan Hiden Quest. Kalian bebas menentukan sendiri sides quest yang akan kalian kerjakan, cuma perhatikan level musuh karena setiap daerah memiliki level musuh yang berbeda-beda juga.

Kesimpulan:

Game ini memiliki banyak sekali kemungkinan dan kebebasan didalam gameplay-nya. Player bebas menentukan sendiri langkah yang mereka ingin lakukan. Alur  cerita yang menarik seakan-akan player benar-benar berada pada jaman Kekaisaran Mesir dimana Cleopatra dan Julius Caesar hidup. Mapping desain kota, dan environment yang sangat memukau membuat mata ini terasa dimanjakan dengan berbagai macam abience warna yang baru. Game engine yang menawan membuat game Assassin’s Creed Origin ini seakan hidup dan seru untuk dimainkan. Jika teman-teman mempunyai pengalaman apa saja tentang game ini, teman-teman bisa tinggalkan comment dibawah ini. Kami sangat senang mendengarkan pengalaman kalian bermain game ini.

 

Next articleTrailer Middle Earth Shadow of War
Penyuka game sejak dari TK hingga sekarang. Bekerja disebuah perusahaan game multinasional dan bekerja paruh waktu sebagai designer. Kecintaanya akan dunia games dan toys membuatnya mendirikan linkdenoir.com.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here